Rabu, 08 April 2015

SoftSkill Bulan ke-1 Minggu ke-3

1. Apa yang anda ketahui tentang demokrasi ?

        Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.
Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yg sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.
     Ketiga jenis lembaga-lembaga negara tersebut adalah lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan lembaga-lembaga perwakilan rakyat (DPR, untuk Indonesia) yang memiliki kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif. Di bawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh wakil yang wajib bekerja dan bertindak sesuai aspirasi masyarakat yang diwakilinya (konstituen) dan yang memilihnya melalui proses pemilihan umum legislatif, selain sesuai hukum dan peraturan.
      Selain pemilihan umum legislatif, banyak keputusan atau hasil-hasil penting, misalnya pemilihan presiden suatu negara, diperoleh melalui pemilihan umum. Pemilihan umum tidak wajib atau tidak mesti diikuti oleh seluruh warganegara, namun oleh sebagian warga yang berhak dan secara sukarela mengikuti pemilihan umum. Sebagai tambahan, tidak semua warga negara berhak untuk memilih (mempunyai hak pilih).
Menurut saya aplikasi demokrasi di Indonesia : Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi. Unsur-unsur penting dalam pemerintahan demokrasi adalah demokrasi menjunjung tinggi kebebasan, toleransi dan HAM. Dunia telah mengakui bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai suku dan budaya. Jika kita bandingkan dengan negara-negara lain terutama eropa, Indonesia memilki toleransi yang kuat terutama dalam kebebasan memeluk agama. Siapapun boleh memilih dan memeluk agama manapun dan diberikan kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Bagaimana aplikasi demokrasi yang baik menurut anda ? Menurut saya demokrasi yang baik ada demokrasi yang menekankan pentingnya pemilihan secara langsung. 

2. Apa yang dimaksud dengan bela negara ?
       Bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan uud 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. pembelaan negara bukan semata-mata tugas tni, tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.  
 Bagaimana perkembangan pendidikan pendahuluan bela negara ?
 Sama halnya dengan Pendidikan formal yang lain, perkembangan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara berdasarkan situasi yang dihadapi oleh penyelenggara kekuasaan. Periode-periode tersebut adalah sebagai berikut:
1.   Tahun 1945 sejak NKRI diproklamasikan sampai tahun 1965 disebut periode lama atau Orde lama.
2.   Tahun 1965 sampai tahun 1998 disebut periode baru atau Orde baru.
3.   Tahun 1998 sampai sekarang disebut periode Reformasi.
 
 Wujud bela negara yang anda lakukan sebagai mahasiswa seperti apa ?
1. Cinta tanah air.
2. Sadar Berbangsa Indonesia.
3. Sadar Bernegara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar