Jumat, 15 Januari 2016

Jelaskan Siklus Pendapatan

  1. Pengertian Siklus Pendapatan
Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan – penjualan tersebut.Siklus Pendapatan merupakan prosedur pendapatan dkimulai dari bagian penjualanotorisasi kredit, pengambilan barang, penerimaan barang, penagihan sampai denganpenerimaan kas.
  1. Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan
Empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan :
  
      1. Penerimaan pesanan dari para pelanggan
          Ø Mengambil pesanan pelanggan
          Ø Persetujuan kredit
          Ø Memeriksa ketersediaan persediaan
          Ø Menjawab permintaan pelanggan
  1. Pengiriman barang
    Ø Ambil dan pak pesanan
    Ø Kirim pesanan
  2. Penagihan dan piutang usaha
    Ø Penagihan
    Ø Pemeliharaan data piutang usaha
    Ø Pengecualian : Penyesuaian rekening dan penghapusan
  3. Penagihan kas
    Ø  Menangani kiriman uang pelanggan
    Ø  Menyimpannya ke bank
  4.  Tujuan Siklus Pendapatan
  • Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai.
  • Tujuan – tujuan lain :
  • Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar
  • Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi)
  • Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat
  • Semua transaksi dicatat dengan akurat
  • Aset dijaga dari kehilangan ataupun pencurian
  • Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif

  1. Ancaman dan Pengendalian dalam Siklus Pendapatan
Proses /Aktivitas Ancaman Prosedur pengendalian yang dapat diterapkan
Entri pesanan penjualan 1. pesanan pelanggan yang tidak lengkap atau tidak akurat Pemeriksaan edit entri data

2. Penjualan secara kredit ke pelanggan yang memiliki catt. Kredit buruk Persetujuan kredit oleh manajer bag. Kredit bukan oleh fungsi penjualan: catt yang akurat atas saldo rek. pelanggan

3. Legitimasi pesanan Ttd diatas dokumen kertas, ttd digital dan sertifikat digital untuk e-biz

4. Habisnya persediaan, biaya penggudangan, dan pengurangan harga Sistem pengendalian persediaan
Pengiriman 5. Kesalahan pengiriman: barang dag., jumlah dan alamat yang salah Rekonsiliasi pesanan penjulana dengan kartu pengambilan dan slip pengepakan: pemindai kode garis Pengendalian aplikasi entri data

6. Pencurian persediaan Batasi akses fisik ke persediaan
Penagihan dan piutang usaha 7. Kegagalan untuk menagih pelanggan Pemisahan fungsi pengiriman dan penagihan

8. Kesalahan dalam penagihan Pengendalian edit entri data Daftar harga

9. Kesalahan dalam memasukkan data ketika memperbarui piutang usaha Rekonsiliasi buku pembantu piutang usaha dengan buku besar: laporan bulanan ke pelanggan
Penagihan kas 10. Pencurian kas Pemisahan tugas; minimalisasi penanganan kas; kesepakatan lockbox; konfirmasikan pengesahan dan penyimpanan semua penerimaan Rekonsiliasi periodic laporan bank dengan catt seseorang yang tidak terlibat dalam pemrosesan penerimaan kas
Masalah – masalah pengendalian umum 11. Kehilangan data Prosedur cadangan dan pemulihan dari bencana; pengendalian akses (secara fisik dan logis)

12. Kinerja yang buruk Persiapan dan tinjauan laporan kinerja
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar